Sabtu, 24 September 2016

Pengertian dan Manfaat Internet/Intranet



Internet (kependekan dari interconnection-networking)adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").


Sejarah Internet

INTERNET merupakan jaringan yg dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969,melalui Proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network),di mana mereka mendemonstrasikan hardware komputer yang berbasis UNIX ,kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Awal tahun 1980-an Komputer pribadi (PC) mulai mewabah, ARPANET telah memiliki 213 host yang terhubung.Setelah itu layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai,dengan menyediakan layanan e-mail,mailing list,dan juga FTP (File Transfer Protocol)

Tahun 1982 Istilah "Internet" pertama kali digunakan,dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.Name Server pun mulai dikembangkan,sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada semua host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut dan ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung di Internet.

Pada tahun 1984 - 1986, Diperkenalkanlah sistem nama domain,yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name Sistem) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Tahun 1990,Tim Berners Lee menemukan program Editor dan Browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya , yang membentuk jaringan itu.Program inilah yang disebut WWW (World Wide Web).

Awal tahun 1990-an.Saat itu jaringan internet di Indonesia Lebih dikenal Paguyuban Network.
Tahun 1994,beroprasinya IndoNet dan menjadi ISP komersial pertama Indonesia

Pengertian Internet/Intranet
Internet
Secara harfiah, internet berasal dari dua kata yaitu Inter dan Net, Inter (Interconnected) berarti antar koneksi dan Net (Networking) berarti jaringan.Maka, internet berarti adalah hubungan/koneksi antar jaringan.Artinya adalah sekumpulan komputer yang terhubung menjadi satu dalam sebuah jaringan komputer yang berada di seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial,hukum,dan budaya sebagai sarana berkomunikasi dan menyebarkan informasi. Jaringan Internet memiliki sifat terbuka,maksudnya adalah dapat diakses semua orang asalkan terhubung dengan jaringan internet.Internet memiliki jangkauan yang luas dan tak terbatas yang dapat menjangkau seluruh belahan dunia tanpa batas.

Intranet
Intranet (Intraconnected Network) merupakan perkembangan dari LAN (Local Area Network) merupakan sebuah jaringan khusus dengan sistem dan prinsip yang sama dengan internet. Jaringan Intranet memiliki sifat tertutup yang artinya hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki akses terhadap jaringan intranet. Jaringan Intranet memiliki jangkauan luas terbatas yang menjangkau pada area yang diperlukan untuk jaringan intranet saja. DiIndonesia intranet telah digunakan oleh beberapa perusahaan besar,walaupun terbatas pada perusahan komputer , dan industri besar lainnya.
Intregrasi dan komunikasi jaringan komputer baik internet dan intranet menggunakan protokol standar yaitu,TCP/IP. Dimana TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dapat dengan benar,dan IP (Internet Protocol) berfungsi untuk memilih rute terbaik untuk transmisi data dan memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan untuk mengirim paket paket data.

Manfaat Internet   

Dahulu internet hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. Tetapi saat ini siapapun dapat menggunakan internet dengan Modem maupun Jaringan telepon.
Beberapa manfaat dari penggunaan internet :
1.Bidang Pendidikan
 Internet memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak referensi keilmuan,baik dari suatu Situs/Web ataupun dari perpustakaan online (Library Online) yang ada di Internet sebagai media pembelajaran secara online

2.Bidang Ekonomi dan Bisnis
Dengan adanya E-Commerce,kegiatan perdagangan,jual beli,promosi,dan sebaginya dapat dilakukan melalui internet tanpa harus bepergian

3.Bidang Pemerintahan
Dengan adanya E-Government,pemerintah dapat dengan mudah memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat dapat secara maksimal,dan juga dapat digunakan untuk saling mempererat hubungan pemerintahan antarnegara.

4.Bidang Sosial
Internet dalam bidang sosial dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai berbagai macam kegiatan sosial baik yang telah,sedang,dan akan dilaksanakan dan juga dapat digunakan untuk membantu penggalangan dana untuk kegiatan sosial. 
 
  



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Fanspage Facebook

Fanspage Twitter